Langsung ke konten utama

Tekad

Kumainkan pena yang ada ditanganku. Sesekali aku membuka kamus, mencoba merangkai kata dalam bahasa inggris.

"Kamu lagi buat apa?" tanya Ajun yang sedang duduk membelakangiku.
"Lagi buat cerpen." jawabku.
"Gilee..... ana kira antum lagi buat compose."
"Sama aja sih."

Ajun mengganti posisi duduknya, sekarang dia duduk membelakangiku.

"Mau kuliah dimana?" tanyanya lagi.
"Pilihan pertamanya sih Kyoto Jepang, yang keduanya Amikom Yogyakarta."
"Trus tuh compose buat apa?"
"Buat kelayakan menerima beasiswa ke Jepang. Do'ain aja semoga ana berhasil."
"Antum seriusan mau ke Jepang?"
"Enggak lihat usaha apa yang udah ana lakukan agar bisa pergi ke Jepang. Tekad ana udah bulat buat pergi ke Jepang."
"Iyadah, ana do'ain."

Tak lama, terdengar bel berbunyi. Pelajaran akan dimulai. Langkah kaki Ust. Harliana terdengar menggema di ruang kelas. Aku yang duduk paling belakang segera memfokuskan pandanganku pada beliau. Saat ucapannya terdengar, semua penghuni kelas termasuk diriku menghentikan segala aktivitas. Pelajaran, pun dimulai.


Hening malam bersama hembusan angin dingin menemaniku dalam ruang kelas yang hanya tinggal aku seorang. Sendirian terkadang bisa membuatku merasa nyaman dan tenang. Mencoba berulang kali mengingat-ingat kanji. Mempelajari sastra Jepang. Setidaknya aku harus menguasai tiga ratus kanji untuk mendapatkan beasiswa paling rendah ke Jepang.

Kehangatan segelas kopi menyegarkanku yang sudah mulai mengantuk. Tapi, jika aku tidur sekarang, aku akan merasa kalah jika belum bisa menguasai sepuluh kanji malam ini. Anggukan kelelahan beberapa kali aku rasakan. Aku tak membantahnya lagi. Pada dasarnya manusia itu punya titik kelemahan dan rasa lelah. Kubiarkan saja diriku terlelap dalam mimpi. Tertidur di atas kursi.

Pagi menyongsong hari. Kurasakan diriku kedinginan. Cahaya mentari menyilaukan mataku dan membuatku reflek berlari keluar kelas. Aku bangun kesiangan. Kulihat sekarang sudah jam enam pagi. Buru-buru aku melaksanakan shalat Subuh. Biarpun aku terlambat, tak akan kubiarkan diriku lalai akan shalat.

Aku kembali kekelas. Bel bertanda masuk kelas sudah terdengar sejak tadi. Aku tak bisa membuatku terus terlambat di pagi ini. Dengan hanya bermodalkan sarapan beberapa suap nasi, tak akan melemahkanku dalam menuntu ilmu.

Nampaknya perkiraanku salah. Aku lupa akan penyakit maag yang kuderita. Aku merasakan tanganku bergetar lemas kedinginan. Sulit bagiku untuk memfokuskan kepelajaran yang sedang Ustadz jelaskan. Ini membuatku tersiksa. Beberapa kali aku meringis kesakitan. Pada akhirnya, aku hanya bisa terlelap di pojok kelas.

Sore hari yang sangat cerah. Aku merasa senang setelah sebelumnya sempat kecewa. Biarpun aku belum bisa mendapatkan beasiswa ke Jepang, setidaknya aku sudah terdaftar sebagai peserta calon mahasiswa Amikom dengan urutan ke sembilan puluh lima. Bagiku, Amikom adalah jalan untukku agar bisa mencapai tujuanku. Aku sangat suka Anime Jepang dan Amikom mampu membuatku merasa dekat dengan pembuatan Animasi. Kesempatan ini tak akan kubiarkan saja. Aku harus bisa memantaskan diriku agar bisa kuliah disana.

Kabar itu membuatku terus memacu adrenalinku untuk memecahkan rumus-rumus yang sebelumnya ku anggap sulit. Berulang kali aku melatih diriku untuk menguasai matematika. Aku sudah membayar biaya registrasi. Aku tidak boleh sampai gagal dalam penyeleksian. Kegagalan hanya akan membuat orang tuaku kecewa.

Seorang panitia Niha'i kulihat menempelkan selembar kertas di papan pengumuman. Segera aku memeriksanya. Pengumuman tentang agenda khusus kelas akhir. Aku kaget, bagaimana bisa jadwal Rihlah Ashabul Maimanah bersamaan dengan tes masuk Amikom....

Aku dihadapkan dengan dua pilihan yang menurutku seperti dilema. Antara tes seleksi Amikom atau Rihlah Ashabul Maimanah?. Aku ingin mengikuti keduanya. Tapi sepertinya aku hanya boleh memilih satu. Aku mencoba meminta saran kepada teman-temanku tentang apa yang sebaiknya aku pilih. bagiku keduanya sangat penting.

Dalam masjid luas yang hanya tinggal beberapa orang saja didalamnya. Aku menenangkan diriku dengan shalat malam. Semoga Allah memberikan jawaban yang terbaik untukku. Ucapan do'a yang keluar dari bibir biru kedinginan terasa penuh makna dalam kesendirian. Sajadah yang menjadi alas seakan percuma. Lantai granit yang dingin menembus rajutan benang-benang hingga menusuk-nusuk kulit. Pada malam gelap berbintang yang dingin. Pada malam itu Allah memberi jawaban yang paling tepat. Pilihan terbaik bagi diriku.

Seiring berlanjutnya hari, Hari inilah yang ditunggu-tunggu. Rasa penat setelah berjuang keras dalam menghadapi UN-TP seakan tergantikan. Aku dan teman-temanku mengemasi pakaian-pakaian kedalam tas masing-masing. Kamu tahu hari apa ini? Hari ini adalah hari keberangkatan Rihlah Ashabul Maimanah. Aku merasa terharu dan senang akan hari ini. Kupastikan kalau pilihan ini tidaklah salah. Allah-lah yang memberikan pilihan ini kepadaku. Kupasrahkan sepenuh hidupku hanya kepada Allah.

"Tasnya sudah pada dimasukin ke dalam bus?" Tanyaku kepada Diaz.
"Sudah" Jawab Diaz sambil menunjuk tas hitam kepadaku.
"Akhirnya hari ini datang juga." Kata Natsu seraya menepak pundakku dari belakang.
"Bawaan antum enggak kurang?" Tanya Diaz kepadaku.
Aku memperhatikan diriku yang hanya membawa tas berisikan bekal seperlunya dan tiga pasang baju bersih.
"Cukuplah."

Suara klakson bus nyaring terdengar. Para panitia segera mengkomandoi agar semuanya memasuki bus. Aku duduk disamping Komara. Aku memeluk tasku erat-erat. Seakan masih ada secercah penyesalan. Aku berusaha untuk tetap tegar menerima semua ini.

Kulihat Diaz, Natsu, Rivan dan Gilang duduk dibarisan depan. Seperti biasa. Canda dan tawa terlihat menunjukkan betapa senangnya perasaan mereka.
Diaz menoleh kebelakang. "Semangat, Ganbatte." Diaz menyemangatiku. Aku mencoba tersenyum meskipun kupaksakan. Aku terus duduk, menggigiti bibirku. Memeluk erat-erat tasku. Memperhatikan mereka yang tersenyum menyemangatiku.

"Enggak perlu disesali." Kata Komara yang duduk disebelahku.
"Aku tahu." Aku sulit untuk menerima semua ini. Aku mencoba mencari kata yang tepat untuk mengungkapkan kejanggalan ini. "Hany saja, aku seperti melewatkan momen yang penting." lanjutku.

Lima bus melaju keluar dari komplek Pm Ummul Quro. Aku masih memeluk tas. Canda tawa mereka sudah tidak terlihat lagi. Lambaian tangan dari mereka seakan mengisyaratkan perpisahan.
"Semoga kalian selamat sampai tujuan." Teriakku kepada bus-bus itu. Samar-samar kudengar kata "Kamu juga."
"Sekarang giliran kita untuk pergi."

Aku dan Komara menaiki Taxi yang sejak tadi sudah menunggu. Inilah perjalanan baru yang akan aku hadapi. Terkadang kesempatan itu tak datang dua kali dan kita semua tahu akan hal itu. Hanya saja, ketika kesempatan itu kita lewatkan tentunya hanya akan membuat penyesalan.

"............untuk daun-daun yang berguguran di taman Uqi,"
"ku goreskan kata-kata yang akan selalu ku ingat,"
"yang akan ikut terbawa bersama aliran air..............."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AdeHaze Dan Sebuah Logo

Setelah bertahun-tahun lamanya, waktu aku masih menggunakan adehaze.blogspot.com, waktu aku masih belum terlalu terjerumus dalam dunia komputer dan internet. Banyak hal yang kulakukan karena ingin tahu dan juga hobi. Entah sudah berapa lama kugunakan wajah Makoto Kikuchi sebagai logo dari blog ku yang dulu. Alasan kugunakan wajahnya sih, sederhana. Karena gambar itu bagus, dan gambar itu juga punya cerita dalam kehiduanku. Dan aku sendiri perlahan ingin mencari logo yang benar-benar bisa menggambarkan AdeHaze itu sendiri. Tapi, dengan kemampuan desain ku yang masih dibilang maih balita ini, aku perlahan ingin mencari jati diri pada diriku sendiri. Mencari jati diri juga ada tempatnya, dan kompas penunjuk jalanku tak memberikanku jalan yang tepat, hingga membuatku tersesat hingga bertahun-tahun lamanya. Rasanya aku seperti menyia-nyiakan sisa waktu yang aku punya. Dan entah kenapa, selama beberapa tahun ini, aku lebih percaya diri menggunakan nama "AdeHaze"

Sehangat Kopi Di Kala Senja (2)

愛してるばんざーい! Entah apa yang telah aku dan Renta bicarakan. Percakapan yang awalnya tidak menentu membimbing hingga tiba-tiba menyerempet pembahasan anime berjenis Idol seperti Love Live dan Juga Idolm@ster. Aku dan Renta memang suka menonton Anime, tapi untuk yang genre nya Idol, entah kenapa aku kurang terlalu suka. Bahkan hampir tidak menyentuhnya. Tapi tunggu dulu. Idolm@ster. Ini salah satu yang tidak terduga bagiku. Karena dulu, entah itu kapan. Ketika internet masih terbilang sangat jarang. Dan ketika itu juga aku masih menggunakan Ponsel Nokia 1680c yang masih terbilang baru. Ketika itu aku sedang browsing-browsing mencari gambar yang bagus untuk kujadikan wallpaper di ponselku. Entah kata kunci apa yang kucari. Tapi mengantarkanku menuju sebuah gambar yang aku sendiri masih tidak tahu itu gambar karakter apa. Menggambarkan karakter gadis tomboy bertopi yang sedang duduk. Berhubung gambar itu bagus, aku simpan saja untuk kujadikan wallpaper. Pada masa itu aku masih belum mem

Ramadhan ~ Diriku pada saat itu, diriku yang kemarin, diriku yang sekarang, dan diriku dihari esok~

Semenjak kemarin aku disibukkan dengan Hacking Visual Novel, mencoba untuk mengoprek dalaman isi software yang entah kenapa ingin kumainkan dengan bahasa yang kumenegerti. Yah, Karena memang kebanyakan Visual Novel sangat sedikit yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa yang bisa kumengerti. Dan aku sendiri memang tak sempat untuk mempelajari bahasa mereka. Padahal hampir tiap hari aku melihat, mendengar bahasa Jepang. Tapi keinginan dan waktu untuk mempelajarinya masih terbilang belum ada. Berhubung saya juga masih cupu dalam membuka daleman isi Visual Novelnya, jadi ya aku menggunakan alternatif lain. Biarpun memang agak sedikit kurang nyaman, dengan menggunakan bantuan Visual Novel Reader yang proyeknya sudah lama mati, ATLAS, ITH, dan lain sebagainya sebagai alat bantu untuk ku agar dapat lebih mengerti cerita yang ada pada Visual Novel tersebut. Yah, ketika berhasil melakukan itu, tapi masih belum kumainkan. Karena memang sekarang lagi dalam tengah ujian semester akhir, ya